Cara Menghemat Baterai Laptop Karena Cepat Habis

Cara Menghemat Baterai Laptop,

Pada halaman ini aku akan memberikan sedikit Cara Menghemat Baterai Laptop. Bayangkan laptop selalu dalam posisi cepat sekali baterainya habis. Pada halaman yang sederhana ini aku akan membagikan beberapa tips agar baterai laptop lebih awet alias tahan lebih lama dari biasanya.


1. Redupkan Sinar dari layar Laptop

Cara ini sangat logis karena semakin banyaknya sinar yang dikeluarkan artinya semakin banyak energi yang dibutuhkan. Semakin banyak energi yang dibutuhkan membuat baterai terkuras sangat cepat. Jadi meredupkan adalah salah satu cara yang sangat baik untuk menghemat baterai laptop kamu. Cara meredupkan biasanya terdapat pada tombol laptop itu sendiri.
note : terkadang setiap laptop tidak sama

2. Matikan ( Disable ) Fitur Jaringan yang Tidak Digunakan

Dengan mematikan fitur jaringan yang sedang tidak kita gunakan pada laptop dapat sangat membantu menghemat baterai laptop tersebut. Contohnya kita dapat mematikan sarana seperti Bluetooth, Wireless Network Connection, dan lain sebagainya. Dan ini termasuk cara yang logis.
Cara mematikannya ( Disable ) adalah :

- Buka Control Panel
- Klick Network And Internet Connections
- Klick Network Connetions
- Nah pada Halaman Network Connetions terdapat fitur Jaringan yang terinstall
- Pilih jaringan yang akan kita matikan atau dinonaktifkan atau Disable dengan cara klick kanan pada salah satu pilihan jaringan yang akan dinonaktifkan
- Klick Disable

note : cara di atas untuk windows xp untuk windows versi diatasnya bisa kamu sesuaikan sendiri seperti cara di atas

3. Gunakan tampilan secukupnya

Gunakanlah tampilan secukupnya seperti menghilanhkan widget pada desktop, gunakan efek button secukupnya. Cara ini cukup logis karena semakin halus gambar / tampilan yang kita dapatkan maka semakin besar juga kerja dari sistem laptop itu sendiri. Akibatnya membutuhkan lebih banyak energi yang artinya sangat menguras baterai.


4. Matikan sarana yang tidak diperlukan

Seperti para pecinta musik. Musik tidak jarang terdengar pada saat beberapa orang membuka laptop. Terkadang memang musik adalah sarana wajib bagi brainware ( pengguna komputer ) untuk merelaksasi pikirannya. Namun hal ini juga berpengaruh pada baterai karena semakin berat kerja komputer laptop tersebut. Jadi lebih baik jika itu tidak perlu tidak usah digunakan

5. Gunakan Wallpaper Gelap

Walau cara ini kurang logis tapi patut untuk kita coba. Manurutku jika kita menggunakan wallpaper gelap akan sedikit membuat kurangnya pencahayaan.

6. Gunakan pengaturan waktu redup dan mati

Cara ini cukup berguna karena kita akan membuat baterai laptop irit / hemat dengan memaksimalkan pemakaiannya. Seperti atur waku untuk mematikan monitor selama contohnya 2 menit jika tidak terdapat respon dari brainware ( pengguna komputer ) dan atur waktu untuk matinya komputer. Cara ini sangat berguna bagi kamu yang suka meninggalkan komputer leptopmu menyala terus - terusan atau hal tersebut dapat terjadi jika terdapat faktor lupa. Nah cara ini mungkin solusinya karena jika kita atur sedemikian rupa sehingga jika kita lupa mematikan laptop kita maka laptop kita akan mati dengan sendirinya sesuai dengan yang kita kehendaki. Pengaturan ini terdapat pada :

Control Panel > Performance and Maintence > Power Options

7. Tidak Melakukan pekerjaan yang memberatkan saat tidak di charge atau pengisian baterai

Hindari melakukan aktifitas yang memberatkan komputer seperti bermain game, grafis, dan lain sebagainya jika tidak dalam pengisian baterai. Karena hal tersebut jelas membuat laptop membutuhkan banyak energi.

8. Rawat baterai laptop dengan baik

Rawat baterai laptop juga salah satu hal penting untuk menunjang performa dari baterai tersebut. Jika baterai laptop telah rusak atau seperti memiliki kapasitas di bawah normal atau sudah tidak dapat untuk menampung kapasitas normalya maka ini jadi masalah besar bagi kamu. Jadi untuk merawatnya bisa melakukan kehati - hatian dalam proses, waktu saat pengisian baterai.


NAh........... itulah sedikit tips dari aku untuk menghemat baterai laptop yang terlalu cepat habis.

Semoga bermanfaat bagi kamu

Dan Sukses Selalu !

Related Posts:

0 Response to "Cara Menghemat Baterai Laptop Karena Cepat Habis"

Post a Comment

Silahkan Komentar dengan menggunakan bahasa yang sopan.

Ohya kalo mau komentar jangan panggil saya yang terlalu berlebihan, panggil saja teman atau kawan atau sebagainya :)

Jangan lupa share info dari blog ini ke sosmed. Karena sukses berawal dari saling berbagi satu sama lain. :)

Salam Sukses